Minggu, 17 Juli 2011

Teori Dasar Heat treatment

LANDASAN TEORI

2.1 Teori Dasar

A. Heat treatment
Proses pemanasan atau pendinginan logam dalam keadaan padat untuk mengubah sifat-sifat fisis logam dan mekanik dari logam. Salah satu contohnya adalah baja. Baja dikeraskan hingga tahan aus, dan kemampuan memotongnya meningkat atau biasa dapat digunakan untuk dapat memudahkan proses spesimen lebih lanjut.
Melalui proses perlakuan panas yang tetap, tegangan yang dapat dilakukan dengan busur puntir dapat diperbesar atau diperkecil. Ketangguhan dapat ditingkatkan atau dihasilkan suatu permukaan keras disekeliling busi, yang akan mempengaruhi sifat-sifat logam terutama sifat mekaniknya

B. Proses – proses heat treatment

1. Quanching
            Suatu proses pemanasan logam hingga mencapai batas autensit yg homogen. Untuk mendapatkan kehomogenan ini maka autensit perlu waktu pemanasan yg cukup. Selanjutnya secara cepat baja tersebur dicelupkan ke dalam media dingin, kecepatan pendingin yang kita inginkan untuk mencapai kekerasan baja. Pada waktu pendinginan yang cepat, pada fase austenit tidak sempat berubah menjadi ferlit atau ferit karena tidak ada kesempatan bagi atom-atom karbon yang lebih larut dalam austenit untuk mengadakan pergerakan difusi dan bentuk sementit, oleh karena itu terjadi pada keadaan karbon. Sebagai contoh, dapat mengurangi kristalinitas dan dengan demikian meningkatkan ketangguhan dari kedua paduan dan plastik (dihasilkan melalui polimerisasi).

2.  Anneling (pelunakan)
            Proses pelunakan baja dimana proses pemanasan baja diatas temperatur kritis (723°C) selanjutnya dibiarkan beberapa lama sampai temperatur marata disusul dengan perbandingan secara perlahan-lahan sambil dijaga agar temperatur bagian luar dan dalam kira-kira sama hingga diperoleh struktur yg diinginkan dengan menggunakan media pendingin udara
            Tujuan proses ini adalah
-          melunakkan material logam
-          menghilangkan tegangan dalam/sisa
-          memperbaiki batu logam

3.  Normalizing
            Normalizing adalah proses peningkatan suhu sampai lebih dari 60 º C (108 º F), di atas A3 baris atau ACM baris sepenuhnya ke kisaran Austenite. Hal ini diadakan pada suhu ini untuk sepenuhnya mengubah struktur menjadi Austenite, dan kemudian dihapus bentuk tungku dan didinginkan pada suhu ruangan di bawah konveksi alam. Hal ini menghasilkan struktur butir perlit halus dengan kelebihan Ferrite atau sementit. Bahan yang dihasilkan adalah lemah; derajat kelembutan tergantung pada kondisi ambien sebenarnya pendinginan. Proses ini jauh lebih murah daripada anil penuh karena tidak ada biaya tambahan pendinginan tungku dikontrol.

4.  Tempering 
            Tempering adalah perawatan panas teknik untuk logam, paduan dan kaca. Dalam baja, tempering dilakukan untuk "menguatkan" logam dengan mentransformasikan martensit rapuh atau bainit menjadi kombinasi ferit dan sementit atau kadang-kadang martensit tempered. Paduan pengerasan Air hujan, seperti banyak nilai dari aluminium dan superalloy, yang marah untuk mengendapkan partikel intermetalik yang memperkuat logam. Tempering dicapai oleh pemanasan terkendali benda kerja ke suhu yang lebih rendah di bawah temperatur kritis.

5.  Case hardening
            pengerasan Kasus adalah teknik di mana permukaan logam diperkuat dengan menambahkan lapisan halus di bagian atas paduan logam lain yang umumnya lebih tahan lama.Kasus pengerasan baja biasanya digunakan untuk meningkatkan kehidupan objek. Hal ini terutama penting untuk pembuatan bagian mesin, tempa baja karbon, dan kepaknya baja karbon. Kasus pengerasan juga dimanfaatkan untuk aplikasi lain. Kasus pengerasan juga disebut pengerasan permukaan. Kasus pengerasan telah digunakan selama berabad-abad, dan sering digunakan untuk memproduksi sepatu kuda dan berbagai jenis peralatan memasak yang besar mengalami keausan. Kasus pengerasan pada dasarnya adalah sekelompok proses yang digunakan untuk meningkatkan kekerasan permukaan ke tingkat yang lebih tinggi dari bahan massal. Kasus pengerasan biasanya dilakukan secara lokal pada permukaan atas, dan untuk kedalaman terbatas. Greater kekerasan biasanya berhubungan dengan pakaian yang lebih baik dan ketahanan lelah.

6.  Spheroidizing
proses anil yang digunakan untuk baja karbon tinggi (Carbon> 0,6%) yang akan menjadi mesin atau dingin terbentuk kemudian. Hal ini dilakukan oleh salah satu cara berikut:

1. Panaskan bagian ke suhu di bawah garis ferit-Austenite, garis A1 atau di bawah garis Austenite-sementit, pada dasarnya di bawah 727 º C (1340 º F) line. Tahan suhu untuk waktu yang lama dan diikuti dengan pendinginan yang cukup lambat. Atau
2. Siklus beberapa kali antara suhu sedikit di atas dan sedikit di bawah 727 º C (1340 º F) garis, katakanlah misalnya antara 700 dan 750 º C (1292-1382 º F), dan lambat dingin. Atau
3. Untuk alat dan panas baja paduan untuk 750-800 º C (1382-1472 º F) dan tahan selama beberapa jam diikuti dengan pendinginan lambat.

C. Jenis pengerasan permukaan

  1. karburasi, proses pengerasan permukaan dengan memanaskan bahan dalam link lalu dibiarkan beberapa saat pada suhu tersebut dengan tujuan untuk memberikan lapisan luas pada benda yg akan disepuh dengan keras. Lapisan ini disebut lapisan karbonasi.
  2. karbonitriding, merupakan modifikasi teknik metalurgi permukaan yang digunakan untuk meningkatkan kekerasan permukaan logam, sehingga mengurangi keausan. Selama proses ini, atom karbon dan nitrogen menyebar interstitially menjadi logam, menciptakan hambatan untuk slip, meningkatkan kekerasan dan modulus dekat permukaan. Carbonitriding sering diterapkan pada murah, mudah mesin baja karbon rendah untuk menanamkan sifat permukaan lebih mahal dan sulit untuk bekerja nilai dari baja. Permukaan kekerasan berkisar bagian carbonitrided 55-62 HRC.
  3. Cyaniding, disebut karbonitriding cair, merupakan proses dimana terjadi absorbsi karbon dan N1 untuk memperoleh permukaan yang keras pada baja karbon rendah yg sulit dikeraskan. Proses ini dilakukan dengan rendaman air garam terhadap karbonat natrium dan sianida natrium yang dicampur dengan salah satu bahan klorid
  4. nitriding, suatu proses pengerasan permukaan dalam hal ini baja paduan spesial dipanaskan untuk waktu yg lama dalam suatu atmosfer dan gas nitrogen. Baja dipanaskan sampai 510° dalam link gas amonia. Nitrid yang diserap oleh logam akan membentuk nitrid yang keras tersebar merata pada permukaan logam. Seluruh baja dan besi cor yang dapat dikeras haruslah dikeraskan dan di”temper” dahulu sebelum dilakukan proses nitriding, dimana temperatur tempering harus cukup tinggi untuk menjaga kestabilan struktur pada proses nitriding (minimal 10oC diatas temperatur nitriding).

    Proses nitriding dilakukan dengan tujuan:
    - mendapatkan kekerasan permukaan yang tinggi
    - meningkatkan ketahanan pakai dan sifat “antigalling”
    - meningkatkan ketahanan terhadap umur kelelahan
    - meningkatkan ketahanan terhadap korosi
    - meningkatkan ketahanan kekerasan permukaan terhadap kenaikkan tem peratur sampai temperatur nitriding.

    Keuntungan lain yang diperoleh dengan proses nitriding ialah: distorsi dan deformasi minimum, karena temperatur pemanasan rendah. Di industri penggunaan proses nitriding terutama dilakukan terhadap:
    - Komponen komponen mesin untuk kendaraan bermotor, antara lain:
    - steering gears
    - cylinder heads
    - cylinder liners
    - crankshafts
    - camshafts
    - ball steering joint
    - valves dan valves quiders
    - rocker arm
    - rocker shaft
    - connecting rod
    - oil pump gears
    - water pump gears
    - dan lain-lain.
    - komponen-komponen mesin perkakas
    - perkakas termasuk dies, antara lain:
    - cutting tools (high speed steel)
    - rolling tools
    - drawing tools
    - dies casting moulds
    - forging dies, dan lain-lain.

    Di industri dikenal dua jenis proses nitriding, yaitu: liquid nitriding dan gas nitriding.
    Pada umumnya kedua jenis proses ini adalah sama dan lama proses dibutuhkan juga sama, tetapi proses gas nitriding biasanya lebih disukai bila diinginkan kedalam penetrasi nitrogen yang lebih besar.
    Pada proses liquid nitrididng media yang digunakan adalah campuran garam-garam, yaitu: NaCN, Na2CO3, KCl dan beberapa bahan pengaktif lainnya. Pada proses nitriding media yang digunakan adalah: gas amonia.
    Berdasarkan diagram fasa biner Fe-N (gambar 2.6)8) dapat diperkirakan bahwa beberapa lapisan dapat terbentuk pada temperatur 500-6000C, yaitu berturut-turut pada bagian dalam (dekat substrat) kebagian terluar: α-Fe, γ-Fe4N dan ε-Fe2N.
  5. Chromizing dikenal sebagai pengayaan wilayah permukaan baja dengan krom dengan perlakuan termokimia. Selama perawatan ini atom kromium menyebar pada suhu antara 900 ° C dan 1000° C ke permukaan benda kerja
  6. Carburizing adalah perawatan panas proses di mana besi atau baja dipanaskan di hadapan bahan lain (tetapi di bawah titik lebur logam's) yang membebaskan karbon seperti terurai. Permukaan luar atau kasus ini akan memiliki kandungan karbon yang lebih tinggi dari bahan asli. Ketika besi atau baja didinginkan cepat dengan pendinginan, kandungan karbon lebih tinggi pada permukaan luar menjadi keras, sedangkan inti tetap lembut dan tangguh.


D. hal-hal yang mempengaruhi laju pendinginan

1. pensitas (P) dari media pendingin
semakin tinggi densitas media pendingin maka laju pendinginan akan cepat pula
2. viskositas media pendingin
            Semakin tinggi viskositas media pendingin maka semakin rendah laju pendinginnya
3. jenis aliran
            Jika aliran turbulen maka laju pendinginannya akan lebih cepat, dan jika alirannya laminer maka laju pendinginnya lebih lambat
4. Luas permukaan material yang akan didinginkan
            Semakin lebar luas permukaan material yang akan didinginkan, semakin sepat pula laju pendinginannya



E. Diagram Fasa Fe-Fe3C
            Diagram fasa ini menjadi landasan untuk laku panas. Bila bagian 0% - 1% pada gambar ditutupi, maka kita akan mendapatkan diagram fasa. Sebelumnya, komposisi eutectik dapat pada 4,3% (berat) karbon (17%) dan suhu eutectik ini karena rata-rata mengandung 2,5% - 4% C titik air relatif rendah dan besi cor mempunyai karateristik coran dan proses yg baik. Jadi yang hanya besi dapat menampung 2,1% (berat) (9% atom) karbon. Atom karbon ini larut secara difusi dalam besi baja berdasarkan fasa larutan padat ini. Karena baja mengandung kurang dari 1,2% karbon, baja dapat mempunyai fasa tunggal pada proses pemampaan atau pengerjaan panas lainnya, yaitu daerah sekitar 4100% - 1270%. Pada daerah yang kaya besi (799% Fe dan 4% C). Diagram Fe_Fe3C berbeda dengan diagram lain. Perbedaan ini timbul karena besi adalah polimer dengan fasa kpf dan kps.


  1. Ferit adalah larutan internsi dalam atom-atom karbon pada besi murni
-          Bersifat lunak dan liat
-          Strukturnya kubik pemusatan ruang (BCC)
-          Dalam keadaan murni (komersil) kekuatan tariknya <310 mpa
-          Bersifat fertomagnetik dibawah 770°C
-          Berat jenisnya 7,88 gr/cm3
  1. Sementit (karbida besi) yaitu paduan besi karbon, karbon melebihi batas daya larut membentuk fasa ke-2
-          Bersifat keras dibanding austerit atau ferit tidak ulet
-          Berat jenisnya 7,6 gr/cm3  
  1. Austenit adalah urutan interpisi mudah dibentuk
-          Stabil pada suhu 912°C dan 1394°C
-          Pada suhu stabil sifat lunak dan ulet sehingga mudah dibentuk
-          Strukturnya kubik pemusatan sisi
  1. Perlit adalah austeriod dari dua fasa yaitu ferit dan sementit
-          Terjadinya pada temperatur di bawah 723°C
-          Sifatnya antar ferit
-          Kandungan karbonnya 0.07%
  1. Ledeburit adalah suatu autentik yang mempunyai kandungan karbon 4,3% dan merupakan campuran halus antara perlit dan sementit
  2. Besi adalah fasa yang hanya berada di antara temperatur 1400°C sampai 1525°C

F. Diagram TTT
            Diagram TTT juga disebut diagram s atau diagram transformasi isothermal. Dengan diagram ini dapat akibat perubahan struktur bila logam dibiarkan pada suhu konstan tertentu. Untuk memperoleh struktur martensil baja harus dicelupkan dengan  cepat sehingga kurva pendingin tidak memotong kurva transformasi. Pada kedua kurva TTT jelas bahwa sedikit dibawah temperatur kritis A, laju informasi rendah, meskipun ada transformasi ini mobilitas atom cukup tinggi. Hal ini disebabkan setiap perubahan fasa yang timbul akibat faktor permukaan dan energi regangan. Jika temperatur dibawa ke lutut kurva, laju transformasi meningkat. Terjadinya kelambanan pada proses ini disebabkan pada waktu pembentukan bounit, temperatur agak rendah. Pada bagian temperatur 250° C - 300° C ternyata transformasi berlangsung sangat cepat. Untuk diagram fasa TTT hanya dapat diperlukan pada baja karbon rendah. Bentuk umum kurva TTT berbeda untuk jenis baja


G. Diagram CCT
mengukur sejauh mana transformasi sebagai fungsi waktu untuk suhu terus menurun. Dengan kata lain sampel adalah austenitised dan kemudian didinginkan pada tingkat yang ditentukan dan derajat transformasi diukur, misalnya dengan dilatometry. Jelas sejumlah besar percobaan diperlukan untuk membangun diagram CCT lengkap. Sejak di las, panas struktur zona yang terkena biasanya dibentuk dalam kondisi (cepat) kontinu pendinginan, suhu konstan dasar diagram TTT jelas menjadi representatif dari Welds.
Informasi yang lebih relevan dapat, dengan demikian, dapat diperoleh dari diagram CCT di mana perubahan fasa dilacak untuk berbagai tingkat pendinginan. Sebenarnya memplot kurva pendinginan pada diagram tersebut akan menunjukkan jenis produk transformasi terbentuk dan proporsi mereka. Transformasi yang terus-menerus diagram pendinginan baja memiliki 0,22% C, 1.62% Mn, 0,43% Ni, 0.48% Ni dan sisanya Fe.
 (sumber: ihramsulthan.com/topik/diagram+cct.html)

H. Unsur – unsur paduan

Baja karbon, adalah paduan Fe dan C disamping unsur lain seperti silikon (si), managan (Mg), sulfur (s) dan fospor (P). Unsur karbon merupakan unsur utama dan baja yg menentukan kekerasannya sedangkan unsur lain dengan jumlah yang relatif kecil untuk memperbaiki sifat-sifat mekanik dari bahan tersebut,
            Pengaruh unsur karbon dalam baja karbon:
  1. Karbon: kekerasan meningkat seiring bertambahnya kadar karbon namun keuletannya menurun. Sifat-sifat lain seperti mampu bentuk, mampu mesin, mampu keras, mampu las
  2. Mangan: mampu memperbaiki kekuatan tariknya, ketahanan aus dan las
  3. Silikon: memperbaiki homogenitas, menaikkan tegangan tarik, menurunkan kecepatan pendingin kritis, sehingga baja karbon lebih elastis untuk bahan pegas
  4. Fospor: salah satu unsur yang berpengaruh terhadap kekerasan suatu logam sehingga harus dijaga minimal mungkin sebab material yang mengandung kadar fospor di atas 0,4& cenderung akan getas
  5. Belerang atau sulfur: meningkatkan atau memperbaiki sifat mampu mesin tersebut
  6. Chrom: memiliki sifat bahan benturan keras dan aus
  7. Nikel: digunakan bersama dengan chrom sebagai komponen baja paduan. Sifat umum Ni – Cr sangat luas, bahan panas dan tahan korosi

I.  Pengelompokan dan Standarisasi Baja


I.1  Pengelompokan Baja
1) baja karbon adalah paduan besi karbon dimana unsur-unsur karbon sangat menentukan sifat-sifatnya. Sedangkan unsur-unsur paduan lainnya yang biasa terkandung di dalamnya terjadi karena proses pembuatannya. Sifat baja karbon biasa ditentukan oleh persentase karbon dan mikrostruktur
2) Baja paduan adalah baja yang mengandung sebuah atau lebih unsur lain yang kadar berlebih pada karbon biasanya ditemukan pada baja karbon. Menurut kadar paduan, baja paduan dapat dibagi ke dalam 2 golongan yaitu baja paduan rendah dan baja paduan tinggi. Baja rendah unsur paduannya dibawah 10% sedangkan baja paduan tinggi diatas 10%
3) Baja khusus mempunyai unsur paduan yg tinggi karena pemakaian yg khusus. Baja khusus yaitu baja tahan karat, baja tahan panas, baja perkakas, baja listrik.


I.2  Standarisasi Baja

Amerika Serikat (ASTM)
1.      Struktur Steel (ASGM-94)
2.      High strength lowalloy structure steel (A 242 M-943)
3.      Low and Intermediate tensile strength carbon silikon steel plate for machine parts and general construction (A248 M88)
4.      High yield strength, guenched, and tempered alloy steel plate surtable for welding (A514 M-94 A)
5.      Structural steel ride 210 mpa minimal yield point (13 mm maks thickness)
6.      High strength low alloy chromium ranadium steel of structure gualins (A372 M – 94C)



Menurut standarisasi AISI dan SAE
            Baja menurut standarisasi ini menggunakan klasifikasi dengan 10 (digunakan untuk paduan yang minimal sekali). Contoh baja AISE SAE 1045 ini berarti karbonnya adalah 0,4% dengan paduan logam dinomium (0,4% - 1,2%) molibdenum (0,88% - 0,25%)

Menurut UNI (United Numbered System)
            Baja menurut UNI/standar hampir sama dengan baja standar AISI SAE, hanya saja menggunakan huruf di depan ditambah 5 digit. Untuk jenis tambahan lainnya, misalnya: AISI dan AE 4070 untuk UNS menjadi 640 170 dimana awalnya 6 untuk baja karbon paduan rendah.

Standarisasi Negara Jepang (JIS)
-          Rolled steel for general structural (63101 – 87)
-          Rolled steel for welded structural (63106 – 92)
-          Heat rolled atmosphere corroson resisting steel (63106  - 37)
-          Superior at atmosphere plates for welded structural (63128 – 87)

Standarisasi Negara Jerman (DIN)
-          Wudoble fine gram steel (17102 – 82)
-          Steel for general structural presponed (17100 – 80)

Standarisasi Negara Perancis (NF)
-          Structural steel (A35-501-87)
-          Structural steel untuk improved atmosphere corrosion resistance (A35-502-84)

Standarisasi Negara Inggris (BS)
-          Weldoble structural steel (4360-86)


Standarisasi Negara Kanada (CSA)
-          Structural Quality Steel (CAN/CSA-21 92)



J. Sistem Kristalografi
Kristalografi adalah ilmu yang menentukan susunan atom dalam setiap struktur padat, termasuk, namun tidak terbatas pada batu permata. Semua batu permata adalah struktur kristal terbuat dari campuran senyawa unsur yang berbeda, dan bentuk kristal didasarkan pada struktur atom dari unsur blok bangunan. Atom dalam mineral tersebut diatur dalam pola geometris memerintahkan disebut "motif" yang menentukan nya "struktur Kristal. Struktur kristal permata's A akan menentukan simetri, sifat optik, pesawat belahan , dan bentuk geometris secara keseluruhan, Resep, atau campuran senyawa ini menjadi cetak biru untuk bagaimana kristal akan tumbuh. " Teman-pola pertumbuhan kristal A disebut sebagai yang " Crystal Kebiasaan . "

1. 1. Kubik
Sistem kristal kubik juga dikenal sebagai isometrik "sistem". Sistem (Isometric) kristal kubik dicirikan oleh simetri total. Sistem Cubic memiliki tiga sumbu kristalografi yang semuanya tegak lurus satu sama lain, dan sama panjang. Sistem kubik memiliki satu titik kisi pada masing-masing empat sudut kubus itu.

2. 2. Hexagonal Bersegi enam
Sistem kristal heksagonal memiliki empat sumbu kristal yang terdiri atas atau khatulistiwa tiga sama horisontal (, b, dan d) kapak di 120 º, dan satu vertikal (c) sumbu yang tegak lurus ke tiga lainnya.. The (c) porosnya dapat lebih pendek, atau lebih lama dari sumbu horisontal.

3. 3. Tetragonal Bersegi empat
Sebuah kristal tetragonal adalah bentuk kubik sederhana yang membentang di sepanjang) perusahaan (c sumbu untuk membentuk prisma persegi panjang. Kristal tetragonal akan memiliki dasar persegi dan atas, tetapi ketinggian yang lebih tinggi. Dengan terus untuk meregangkan "tubuh-berpusat" kubik, satu lagi Bravais kisi dari sistem tetragonal dibangun.

4. 4. Rombohedral
Sebuah rhombohedron (alias sistem trigonal) memiliki bentuk tiga dimensi yang mirip dengan kubus, tetapi telah condong atau miring ke satu sisi sehingga miring. Bentuknya dianggap "prismatik" karena semua enam wajah kristal yang sejajar satu sama lain. " Setiap wajah yang tidak kuadrat pada malaikat kanan disebut "rhombi." Sebuah kristal rombohedral memiliki enam wajah, 12 tepi, dan 8 titik. Jika semua sudut tumpul internal non-wajah yang sama (contoh datar, di bawah), dapat disebut trapezohedron-trigonal.
  
5. 5. Ortorombik
Mineral yang terbentuk di ortorombik tersebut (alias belah ketupat) sistem kristal memiliki tiga sumbu yang saling tegak lurus, semua dengan, atau tidak sama panjang yang berbeda.

6. 6. Monoklinik
Kristal yang terbentuk dalam sistem monoklinik memiliki tiga sumbu tidak sama. sumbu kristalografi cenderung terhadap satu sama lain pada sudut miring, dan sumbu (b) tegak lurus ke dan c. (B) sumbu kristalografi disebut "orto" sumbu.

7. 7. Triklinik
Kristal yang terbentuk dalam sistem triklinik memiliki tiga sumbu kristalografi tidak sama, semua yang berpotongan pada sudut miring. kristal triklinik memiliki sumbu simetri 1-lipat dengan hampir tidak simetri yang jelas, dan tidak ada cermin atau pesawat prismatik.


  1. Klasifikasi baja karbon
-          Baja karbon rendah (0,3% c)
-          Baja karbon sedang (0,3% < c < 0,7%)
-          Baja karbon tinggi (0,7% < c < 1,4%)
  1. Baja paduan rendah
Baja paduan ini adalah baja paduan karbon rendah, yang menyebabkan ferit diubah jadi sedikit perlit atau dengan kata lalin akibat paduan karbon rendah pada baja akan membantu ferlit mempunyai keuletan dan kenyal dan ferlit mempunyai keuletan yang tinggi, karena memiliki sifat yang keras baja ini juga kenyal dan ulet.
  1. Baja berfasa ganda         
Baja ini mengalami 2 kali perlakuan panas atau baja ini memiliki 2 fasa. Dalam fasa pertama, hal-hal yang timbul dalam pengkristalan adalah adanya campuran kimia yang sangat keras, misalnya Fe3C (sementit)
  1. Besi cor
Besi cor adalah paduan antara bsei, karbon, silikon dan unsur lainnya. Besi cor
Mempunyai fisik yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh unsur paduan yang terdapat di dalamnya seperti silikon, mangan dan fospor.


J. SIFAT MATERIAL LOGAM

Kekuatan, kekerasan, ketangguhan, elastisitas, plastisitas, kerapuhan, dan daktilitas dan kelenturan adalah properti mekanik digunakan sebagai pengukuran tentang bagaimana logam berperilaku bawah beban. Properti ini dijelaskan dalam hal jenis gaya atau stres yang logam harus tahan dan bagaimana ini menolak.

- Kekuatan

Kekuatan adalah milik yang memungkinkan logam untuk menahan deformasi bawah beban. Kekuatan utama adalah regangan maksimum bahan yang bisa menahan. kekuatan tarik adalah pengukuran ketahanan terhadap ditarik terpisah bila ditempatkan di beban ketegangan.

Kelelahan Kekuatan adalah kemampuan bahan untuk menahan berbagai jenis cepat berubah tegangan dan dinyatakan dengan besarnya bolak stres untuk jumlah tertentu siklus.

Dampak kekuatan adalah kemampuan logam untuk menahan beban tiba-tiba diterapkan dan diukur dalam kaki-pon kekuatan.


- Kekerasan

Kekerasan adalah milik dari bahan untuk melawan indentasi permanen. Karena ada beberapa metode pengukuran kekerasan, kekerasan material selalu ditetapkan dalam hal percobaan tertentu yang digunakan untuk mengukur properti ini. Dari pengujian ini, Rockwell adalah yang paling sering digunakan. Prinsip dasar yang digunakan di testis Rockwell bahwa material yang keras dapat menembus satu lebih lembut. Kami kemudian mengukur jumlah penetrasi dan membandingkannya dengan skala Untuk logam besi, yang biasanya lebih sulit daripada logam nonferrous, tip berlian digunakan dan kekerasan yang ditunjukkan dengan

Pada logam nonferrous, yang lembut, sebuah bola logam yang digunakan dan kekerasan yang ditunjukkan oleh sejumlah Rockwell "B". To get an idea of the property of hardness, compare lead and steel. Untuk mendapatkan ide dari properti kekerasan, membandingkan memimpin dan baja. Lead dapat tergores dengan tongkat kayu runcing tetapi baja tidak bisa karena lebih sulit daripada memimpin.

Penjelasan lengkap dari berbagai metode yang digunakan untuk menentukan kekerasan suatu material tersedia dalam buku komersial atau buku perpustakaan yang terletak di dasar Anda.

- Ketangguhan

Ketangguhan adalah properti yang memungkinkan bahan untuk menahan shock dan menjadi cacat tanpa pecah. Ketangguhan dapat dianggap sebagai kombinasi kekuatan dan plastisitas. Tabel 1-2 menunjukkan urutan dari beberapa bahan lebih umum untuk ketangguhan serta properti lainnya.




- Elastisitas

Ketika material memiliki beban yang diterapkan untuk itu, memuat menyebabkan material untuk berubah bentuk. Elastisitas adalah kemampuan suatu material untuk kembali ke bentuk aslinya setelah beban dihilangkan. Secara teoritis, batas elastis material adalah batas yang material dapat dimuat dan masih memulihkan bentuk aslinya setelah beban dihilangkan.

- Keliatan
.
Plastisitas adalah kemampuan bahan untuk berubah bentuk secara permanen tanpa melanggar atau pecah. Properti ini adalah kebalikan dari kekuatan. Dengan hati-hati dari logam paduan, kombinasi dari plastisitas dan kekuatan digunakan untuk pembuatan elemen struktur besar. Sebagai contoh, seharusnya seorang anggota dari sebuah struktur jembatan menjadi kelebihan beban, plastisitas memungkinkan anggota overload mengalir memungkinkan distribusi beban ke bagian lain dari struktur jembatan.

- Kerapuhan

Kerapuhan adalah kebalikan dari milik plastisitas. Sebuah logam rapuh adalah salah satu yang rusak atau menghancurkan sebelum deformasi. Putih cor besi dan kaca adalah contoh yang baik dari bahan rapuh. Umumnya, logam getas tinggi kuat tekan tetapi rendah dalam kekuatan tarik. Sebagai contoh, Anda tidak akan memilih besi cor untuk mendukung fabrikasi balok di jembatan.

- Keuletan dan kemampunyalaan

Daktilitas adalah properti yang memungkinkan bahan untuk peregangan, menekuk, atau memutar tanpa retak atau pecah. Properti ini memungkinkan materi yang akan ditarik keluar menjadi kawat tipis. Sebagai perbandingan, kelenturan adalah milik yang memungkinkan bahan untuk berubah bentuk oleh pasukan tekan tanpa mengembangkan cacat. Bahan ditempa adalah salah satu yang dapat dicap, ditempa, ditempa, ditekan, atau digulung menjadi lembaran tipis.


L. MEDIA PENDINGIN
Media pendingin dugunakan untuk menetralkan suhu setelah logam dimasukkan ke dalam tungku dalam waktu dan suhu yg telah ditentukan

Jenis – jenis media pendingin
-          oli
-          air
-          solar
-          udara
(sumber: http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.allaboutgemstones.com/crystalline_structures.html)





Kamis, 14 Juli 2011


Transmisi langsung menggunakan poros atau as merupakan transmisi yang paling sederhana and digunakan unutk menyalurkan tenaga pada jarak yang dekat and posisi yang segaris antara poros motor penggerak dengan poros mesin yang digerakkan.  Transmisi poros langsung banyak digunakan pada pompa air seperti gambar berikut ini.
 

2.      Transmisi sabuk-puli (belt and pulley)
Jarak yang jauh antara dua buah poros sering tidak memungkinkan transmisi langsung. Dalam hal demikian, cara transmisi putaran atau daya yang lain dapat diterapkan, di mana sebuah sabuk luwes dibelitkan sekeliling puli pada poros.
Sebagian besar transmisi sabuk menggunakan sabuk-V karena mudah penanganan­nya dan harganyapun murah. Kecepatan sabuk direncanakan untuk 10 sampai 20 (m/s) pada umumnya, dan maksimum sampai 25 (m/s). Daya maksimum yang dapat ditransmisikan kurang lebih sampai 500 (kW).Sabuk-V terbuat dari karet dan mempunyai penampang trapesium. Tenunan tetoron atau semacamnya dipergunakan sebagai inti sabuk untuk membawa tarikan yang besar (Gambar 5.1). Sabuk-V dibelitkan di keliling alur puli yang berbentuk V pula. Bagian sabuk yang sedang membelit pada puli ini mengalami lengkungan sehingga lebar bagian dalamnya akan bertambah besar. Gaya gesekan juga akan bertambah karena pengaruh bentuk baji, yang akan menghasilkan transmisi daya yang besar pada tegangan yang relatif rendah. Bebrapa tipe sabuk V disajikan pada Gambar 5.2.




 
3.      Transmisi rantai-sproket (chain and sprocket)

Transmisi rantai-sproket digunakan untuk transmisi tenaga pada jarak sedang. Kelebihan dari transmisi ini dibanding dengan transmisi sabuk-puli adalah dapat digunakan unutk mennyalurkan daya yang lebih besar seperti diuraikan berikut ini. Sketsa rantai dan sproket diperlihatkan pada Gambar 5.17.

Kelebihan:
-         transmisi tanpa slip >>> perbandingan putaran tetap
-         dapat meneruskan daya besar
-         keausan kecil pada bantalan
-         jarak poros menengah (antara belt dan gear)

Kekurangan:
-         tdk dapat dipakai utk kecepatan tinggi (max. 600 m/min)
-         suara dan getaran tinggi
-         perpanjangan rantai karena keausan pena dan bus

 



4.      Transmisi roda gigi (gears)

Roda gigi digunakan untuk mentransmisikan daya besar dan putaran yang tepat serta jarak yang ralatif pendek. Roda gigi dapat berbentuk silinder atau kerucut. Transmisi roda gigi mempunyai keunggulan dibandingkan dengan sabuk atau rantai karena lebih ringkas, putaran lebih tinggi dan tepat, dan daya lebih besar. Kelebihan ini tidak selalu menyebabkan dipilihnya roda gigi di samping cara yang lain, karena memerlukan ketelitian yang lebih besar dalam pembuatan, pemasangan, maupun pemeliharaannya.